Monday, September 24, 2012

Aplikasi Riset Operasi

Arti Riset Operasi

Secara harfiah kata operation dapat didefenisikan sebagai tindakan-tindakan yang diterapkan pada beberapa masalah atau hipotesis. Sementara kata research adalah suata proses yang terorganisasi dalam mencari kebenaran akan masalah atau hipotesis tadi.
Kenyataannya, sangat sulit untuk mendefenisikan Operation Research, terutama karena batas-batasnya tidak jelas. Operation Reseach memiliki bermacam-macam penjelasan, berikut ini beberapa kutipan defenisi operation research yang dikemukan oleh para ahli operation research dalam berbagai literature. Riset operasi dapat didefinisikan sebagai berikut:
Riset operasi adalah penerapan metode-metode ilmiah terhadap masalah-masalah rumit yang muncul dalam pengarahan dan pengelolaan dari sistem besar manusia, mesin, bahan dan uang dalam industry, bisnis, pemerintahan dan pertahanan. Pendekatan khusus ini bertujuan membentuk suatu model ilmiah dari sistem, menggabungkan ukuran-ukuran faktor-faktor seperti kesempatan dan risiko, untuk meramalkan dan membandingkan hasil-hasil dari beberapa keputusan, strategi atau pengawasannya. Tujuannya adalah membantu pengambil keputusan menentukan kebijakan dan tindakannya secara ilmiah.

Definisi diatas yang muncul dari berbagai ahli operation research karena begitu luasnya bidang dan kajian yang dapat dimasuki oleh disiplin ilmu operation reseach, defenisi diatas paling tidak ada rangkuman yang bisa diambil mengenai arti kata riset operasi, yaitu :

  •   Riset Operasi mencakup dua kata yaitu riset yang harus menggunakan metode ilmiah dan operasi yang berhubungan dengan proses atau berlangsungnya suatu kegiatan (proses produksi, proses pengiriman barang / militer / senjata, proses pemberian pelayanan melalui suatu antrian yang panjang).
  • Definisi lain adalah  : Riset Operasi adalah aplikasi metode ilmiah terhadap permasalahan yang kompleks dalam mengarahkan dan mengendalikan sistem yang luas mengenai kehidupan manusia, mesin-mesin, material dan uang dalam industri, bisnis, pemerintahan dan pertahanan.

Aplikasi Riset Operasi
Seiring dengan berjalannya waktu berbagai kemajuan mulai dari industri sampai kemajuan teknologi tidak luput dari metode riset operasi didalamnya. Diabawah ini contoh aplikasi riset operasi diantaranya bidang transportasi dan kedokteran 

Dalam bidang transportasi :

  • Riset Operasi Optimasi  di PT.Garuda
“Garuda mengoperasikan 81 pesawat, dengan penerbang 580, dan awak kabin. Setiap minggu ada dua ribu penerbangan,” kata Kepala Komunikasi Perusahaan PT Garuda Indonesia, Pujobroto.
Kendala :
1.      Jumlah penumpang  yang tidak terkendali
2.      Jumlah pesawat yang terbatas
3.      Keterbatasan Kemampuan mesin pesawat
4.      Penjadwalan pesawat

  • Riset Operasi dan Dunia Perkeretaan
 
Kereta api di Indonesia, tidak dapat disangkal, masih menjadi sarana transportasi massal dengan harga terjangkau. Namun juga tidak dapat disangkal, kereta api belumlah menjadi sarana transportasi yang aman, nyaman dan terpercaya. Terlalu banyak faktor yang mempengaruhinya. Salah satu hal yang paling dikeluhkan oleh masyarakat terhadap layanan kereta api di Indonesia adalah mengenai masalah ketepatan waktu.
Kendala :
1.      Penurunan Kondisi trek(rel) akibat kecepatan kereta
2.      Jumlah kereta yang terbatas
3.       Penumpang melebihi kapasitas kereta
4.      Ketepatan waktu
5.      Harga yang  terjangkau

Dalam bidang kedokteran:
  • ·Riset Operasi dan Ahli Bedah
Operasi akan selalu di butuh kan dalam dunia kedokteran.
1.      Biaya operasi yang tidak murah
2.      Ketersediaan alat
3.      Jadwal dokter
4.      Ruang operasi 

2 comments: